Kreatif, Guru di Brebes Membuat Kurma dari Tomat

Editor: Jurnalis author photo

Kurma Tomat

liputan6online.com | BREBES - Aneka jajanan kue dan takjil kerap bermunculan saat bulan ramadhan. Seorang Guru di brebes berhasil menciptakan jajanan enak dari tomat dengan rasa kurma, yang dikenal torakur.

 War'atun (50 tahun) dibantu suaminya Asep Sopari (55 tahun) membuat torakur tidak hanya rasanya yang mirip kurma. Namun tampilannya pun menyerupai kurma.

Warga Desa Dukuhwringin Kecamatan Wanasari ini tengah memulai usahanya sejak tahun 2013. Mereka mengaku sempat gagal 10 kali lebih dalam proses pembuatan torakur.

Asep menjelaskan kegagalannya tidak menjadi keputus-asaan, namun menjadi pembangkit semangat. Hingga akhirnya berhasil menciptakan torakur yang baik.
“Torakur itu murni bahan dasar dari tomat, tanpa pemanis buatan dan tanpa pengawet,” Kata Asep.

War’atun yang merupakan guru SD, mengaku usaha torakur menjadi usaha yang mampu meningkatkan tambahan penghasilan. “Kami sangat senang, usaha ini sudah ada hasilnya. Apalgi di bulan puasa penjualan torakur meningkat tinggi,” Kata War’atun.

Ia juga mengatakan, saat ini dalam sehari produksi torakur sebanyak 10 kilogram sampai 20 kilogram tomat. Sedangkan harga jual sesuai dengan kemasan. 

”Kalau harganya beragam. Yang seperempat kilogram itu Rp 20 ribu, setengah kilogram Rp 40 ribu, dan 1 kilogram Rp 80 ribu," jelasnya. (Nw)
Share:
Komentar

Berita Terkini