RSUD Kota Bekasi 80 Persen Pasien Covid Berada di Tenda Darurat

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| BEKASI- Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmadjid atau RSUD Kota Bekasi Kusnanto mengatakan sebanyak 80 persen pasien di tenda darurat terkonfirmasi positif Covid-19.


“Jumlah pasien yang di tenda 145 tadinya tapi sekarang sudah 150-an, 80 persennya terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Kusnanto saat dijumpai di Stadion Patriot, Jumat (2/7/2021).

Kata dia, tenda darurat di RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi sampai saat ini sudah beroperasi sebanyak 8 blok dengan total daya tampungnya sebanyak 180 tempat tidur.

Kusnanto menjelaskan, tenda darurat difungsikan sebagai triase. Pasien yang baru datang ke rumah sakit akan diidentifikasi terlebih dahulu melalui PCR test swab.

Jika pasien datang dengan keterangan sudah membawa hasil PCR, maka akan langsung diarahkan ke ruang isolasi khusus pasien Covid-19 jika terkonfirmasi positif.

Jika belum membawa hasil PCR, pasien akan menunggu di tenda darurat sampai hasilnya keluar baru dialihkan ke ruang rawat inap bagi yang hasilnya negatif atau isolasi bagi yang positif.

“Orang datang kita tidak tahu ya, ada yang bawa hasil PCR ada yang engga. Kalau gejala covid. Artinya dia harus menunggu kan, terkonfirmasi apa tidak,” jelas Kusnanto.

Adapun untuk kapasitas tempat tidur ruang rawat inap isolasi pasien Covid-19 saat ini masih membeludak, RSUD Kota Bekasi berencana menambah kapasitas dengan memanfaatkan ruangan yang ada.

“Kami maksimalkan 75 persen kapasitas untuk pasien Covid-19 sedangkan sisanya masih ada warga yang harus dilayani non-covidnya,” tutup dia. (Rico)
Share:
Komentar

Berita Terkini