Festival Domba, Pemerintah Kabupaten Brebes Menggaet Peternak

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| BREBES- Menggelar Festival Domba Sakub (FDS) mendapat perhatian Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI) Jateng, Hendar Prihardi dan Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof I Gede Suparta Budisatria.


FDS yang digelar di Lapangan Desa Pandansari, 
Kaligua, Kecamatan Paguyangan Brebes langsung dibuka Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Minggu (23/10/2021).

Bupati mengapresiasi besar kepada peserta karena antusiasnya sangat tinggi, yang diharapkan bisa meningkatkan minat peternak, khususnya peternak milenial.

Domba, kata Idza, merupakan ternak populer yang dibudidayakan di Kabupaten Brebes. Populasinyasi pada akhir 2020 mencapai 168.20 ekor. Populasi terendah berada di Kecamatan Songgom sebanyak 2.238 ekor dan tertinggi di Paguyangan sebanyak 18.935 ekor.

“Saya berharap, Domba di Kabupaten Brebes bisa berkembang untuk memenuhi kebutuhan daging yang bisa menciptakan ketahanan pangan. Juga untuk memenuhi kebutuhan kulit dan bulu Domba. Dan yang tak kalah penting, domba Brebes memiliki ciri khas tersendiri dengan nama Domba Sakub,” ujar Idza.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh Ismu Subroto menjelaskan, ada berbagai jenis domba di kabupaten, antara lain Domba Ekor Tipis, Domba Ekor Gemur, Domba Dorper, Domba Merino, Domba Texel, Domba Garut dan Domba Sakub.

Domba Sakub merupakan Domba khas Kabupaten Brebes yang berkembang di sekitar Lereng Gunung Slamet. Domba Sakub penghasil daging dengan bobot badan jantan mencapai 70-90 kilogram dan betina 40-60 kilogram. Kotorannya juga bisa untuk pupuk organik, bulunya dijadikan kerajinan tangan.

“Populasi Domba Sakub di Brebes mencapai 16.484 ekor yang tersebar di Paguyangan, Sirampog, Bumiayu dan Tonjong,” ungkap Ismu.

Festival diikuti 300 peserta dari 20 kelompok ternak domba di Kabupaten Brebes. Mereka merebut kejuaraan kategori Jantan Bertanduk, Jantan tidak Bertanduk, Bakaln Bertanduk, Bakalan tidak Bertanduk, Bibit, Dara atau Calon Bibit, Eksotik (MerinoTexel dan lain-lain, Ekstim dan Favorit.

Setelah melalui penilaian yang ketat, akhirnya yang juara dalam vestifal tersebut adalah, untuk 
Kategori jantan bertanduk, Juara 1 dimenangkan oleh Harjo, dari Desa Manggala Kecamatan Sirampog. Dan, juara 2 dimenangkan oleh Aendro Anjas, dari Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan. Serta juara 3 di menangkan oleh Muhamad, dari Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan.

Untuk kategori jantan tidak bertanduk,  juara 1 dimenangkan oleh Adit, dari Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Dan juara 2 dimenangkan oleh Muslih, dari Desa Mendala, Kecamatan Sirampog. Serta juara 3 di raih oleh Joko Dk Gronggongan, dari Desa Wanareja Sirampog.

Kategori Bakalan Jantan Bertanduk, juara 1 dimenangkan oleh Sukono Kaliloka, dari Sirampog. Dan juara 2 di menangkan oleh Budiman serta juara 3 oleh Sukrad.

Dikategori bakalan jantan tidak bertanduk, juara 1 adalah Adi, juara 2 Idos dan 3 Ahmad.

Selain itu, untuk kategori bibit juara 1 dimenangkan oleh Irwan S, Lurah Pandansari. Untuk juara 2 Muhamad dari Cilibur dan juara 3 Sukono Kaliloka. Kategori Calon Bibit, juara 1 Frengki Embel dari Pandansari, juara 2 Memo Gronggongan dari Wanareja dan juara 3 Joko Gronggongan dari Wanareja.

Sementara untuk Eksotik, juara 1 dimenangkan oleh Suweno daru purbalingga, juara 2 Aip Salem, dan juara 3 Riza dari tembok kidul Tegal. Untuk Ekstrim juara 1 Muhamad dari Cilibur, juara 2. Muhamad dari Cilibur, dan juara 3 Adit Dawuhan. Juara I Favorite Jantan dimenangkan oleh Abdulah Yusuf dan Favorit Betina diraih Harjo Manggala.

Ismu menjelaskan, Festival ini akan digelar setiap tahun untuk menggali potensi ternak lokal agar bisa ditetapkan sebagai rumpun baru ternak unggul asli Kabupaten Brebes. Di samping itu untuk meningkatkan minat masyarakat beternak domba khususnya kaum milenial.

Festival juga dihadiri Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof I Gede Suparta Budisatria, Wali Kota Semarang Hendrar Prihardi, Pengawas Bibit Ternak Madya dari Kementerian Pertanian Yude Maulana Yusuf,  Ketua Dekranasda Brebes AKBP Dr H Warsidin MH, para Kepala OPD dan pejabat lainnya. (L6OC/Wakhidin/ Tashadi)
Share:
Komentar

Berita Terkini