Satgas Covid Diminta Hentikan Turnamen di Mukun Kota Komba Utara

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| NTT- Turnamen sepak bola yang digelar di Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur-Nusa Tenggara Timur (NTT) dipadati oleh para penonton untuk menyaksikan pertandingan sepak bola dan diduga langgar protokol kesehatan.  Pertandingan sepak bola tersebut digelar dalam rangka memeriahkan pekan suci hari raya Paskah yang diikuti 64 klub dari berbagai desa dan kecamatan.


Meski penonton membludak untuk menyaksikan setiap klub yang berlaga bahkan melanggar protokol kesehatan, namun turnamen tersebut masih saja berjalan dan kini sudah berlangsung selama 4 hari sampai hari ini Minggu, 10 April 2022.

HS (42), seorang warga yang pernah terpapar Covid-19 meminta kepada Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid Manggarai Timur, untuk segera membubarkan turnamen sepak bola di Mukun, Kota Komba Utara itu. Sebab menurut HS, turnamen tersebut diduga melanggar prokes. Bahkan dapat memicu terjadinya penyebaran Covid-19 di wilayah itu.

“Kita semua tentu tahu, sudah empat hari, para penonton membludak untuk menyaksikan turnamen bola sepak di Mukun. Coba lihat baik, penonton jelas- jelas melanggar prokes,” ujarnya kepada wartawan di Mukun Minggu, 10 April 2022.

Apalagi penonton yang hadir, kata dia, datang dari berbagai desa dan kecamatan. Ia juga mempertanyakan keberadaan Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur lantaran membiarkan turnamen tersebut berlangsung hingga kini.

Padahal lanjut dia, wilayah Kecamatan Kota Komba Utara masuk dalam zona merah Covid-19. Ia mengaku sangat kesal dengan pemerintah dan aparat kepolisian setempat, karena di tengah melonjaknya kasus Covid-19 saat ini, malah masih juga menggelar turnamen yang dapat memicu terjadinya penyebaran virus yang mematikan itu.

“Saya mendesak kepada kepolisian Polres Manggarai Timur, agar segera bubarkan turnamen bola sepak di Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara. Sebab turnamen tersebut, dapat memicu terjadinya penyebaran Covid-19. Apalagi kita lihat sendiri, para penonton tidak jaga jarak, banyak yang tidak gunakan masker,” tegas HS.

Sementara Ketua Panitia Turnamen Bola Sepak, Frans Maji mengatakan, turnamen tersebut sudah memiliki surat izin dari pihak kepolisian Polres Manggarai Timur. Ia juga mengklaim sudah berkordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur.

“Turnamen ini, kami sudah buat surat izin di Polres Manggarai Timur, kami juga sudah koordinasi dengan Satgas Covid-19. Sejauh ini, pertandingan aman- aman saja,” klaim dia.

Berdasarkan pantauan wartawan ini di lokasi, ribuan penonton memenuhi lapangan Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara. Para penonton begitu membludak tidak menerapkan prokes seperti menjaga jarak aman, tidak memakai masker. Bahkan berdesakan saat keluar masuk lapangan sepak bola tersebut.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang berhasil diperoleh oleh media ini, pada Maret, 2022 lalu, di Ketang, Desa Golo Tolang, Kecamatan Kota Komba Utara terdapat 104 orang terpapar Covid-19. Namun, meski baru beberapa bulan, di wilayah Kota Komba Utara masuk dalam zona merah Covid-19, akan tetapi turnamen bola sepak masih berlangsung. (L6OC/Eposth Ngaja)
Share:
Komentar

Berita Terkini