Anggota DPR-RI, Djarot Saiful Hidayat MS Ajak Warga Asahan Agar Tidak Remeh Terhadap Sampah

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| ASAHAN - Anggota Komisi IV DPR-RI dari fraksi PDI Perjuangan, Drs Djarot Saiful Hidayat MS bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Pengolahan Sampah, Limbah dan B3, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan melaksanakan Bimbingan teknis sosialisasi pengelolaan sampah kepada masyarakat di aula kantor dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Senin (8/8/2022).


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan melalui Sekretaris, Sopian sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Semoga dengan kegiatan bimbingan teknis ini, masyarakat dapat memahami dan mengerti terkait persoalan sampah," terangnya.

Sopian mengakui jika saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan masih menghadapi persoalan dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Asahan. 

"Untuk itu, kami berharap kepada mas Djarot selaku anggota DPR-RI dari fraksi PDI Perjuangan agar dapat menambah armada betor pengangkut sampah, karena betor pengangkut sampah tersebut dapat dipergunakan bagi wilayah yang tidak bisa dilalui/dilintasi oleh kenderaan roda empat," harapnya.

Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Asahan, Rosmansyah STP mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat MS yang telah berkenan hadir di Kota Kisaran.

"Menurut saya, permasalahan yang sering terjadi di wilayah Perkotaan yaitu persampahan. Perlu diketahui, kondisi persampahan saat ini sudah sangat kritis. Untuk itu, perlu ada inovasi agar permasalahan persampahan dapat segera diatasi," terang Rosmansyah.

Berdasarkan hasil penelusuran, lanjut Rosmansyah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar permasalahan persampahan tersebut dapat diatasi seperti penambahan lokasi Tempat Pembangunan Akhir (TPA) maupun penempatan dari TPA itu sendiri.

Sementara itu, Anggota DPR-RI dari fraksi PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat MS mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi (brainstorming) kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah.

"Tidak bisa dipungkiri, dimanapun kita berada, akan selalu bersentuhan dengan sampah dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diketahui, mengelola sampah bukan hanya tugas KLHK maupun Dinas Lingkungan Hidup yang berada di Kabupaten /Kota. Akan tetapi, sampah merupakan tanggungjawab bagi kita semua," terangnya.

Dalam hal ini, lanjut Djarot, perlu kesadaran bersama dalam pengelolaan sampah, jika tidak dikelola secara benar, maka dipastikan akan menjadi masalah dan bencana, terutama masalah kesehatan

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat maupun institusi terkait agar jangan remeh terhadap sampah," tegasnya.

Berdasarkan pantauan, Djarot Saiful Hidayat MS juga turut memberikan bantuan berupa 3 unit bentor pengangkut sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan. (L6OC/Ded)
Share:
Komentar

Berita Terkini