Aplikasi 'SIRUDAL' Telah Hadir di Kabupaten Cirebon, Apakah Itu ? Simak Baik-baik

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| KABUPATEN CIREBON - RSUD Arjawinangun,Telah hadir di Kabupaten Cirebon Aplikasi Khusus "SIRUDAL" yang di luncurkan oleh RSUD Arjawinangun guna meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit, aplikasi yang di resmikan oleh Bupati Cirebon langsung H.Imron Rosyadi. Senin (17/10/2022).


Aplikasi ini selain bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit RSUD Arjawinangun sekaligus sebagai sebuah solusi atas banyaknya aduan Masyarakat terkait pelayanan rawat jalan yang ada di RSUD Arjawinangun. 

Aplikasi SIRUDAL atau singkatan dari Sistem Rujukan dan Pendaftaran Rawat Jalan, di RSUD setempat, aplikasi ini merupakan konsep pelayanan yang sangat sederhana. Masyarakat tidak perlu lagi antre, cukup dari rumah melakukan pendaftaran di RSUD Arjawinangun dan langsung dilayani.

Direktur RSUD Arjawinangun, dr. H Bambang Sumardi menjelaskan, inovasi pihaknya berupa Aplikasi Sirudal ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang ada di RS yang dipimpinnya itu.

Tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Arjawinangun. “Karena SIRUDAL ini merupakan konsep pelayanan yang sangat sederhana. Masyarakat tidak perlu lagi antre, cukup dari rumah melakukan pendaftaran di RSUD Arjawinangun dan langsung dilayani,” ungkapnya.

Artinya, lanjut Bambang, efisiensi ini lah yang didapatkan dari aplikasi yang dibuat pihaknya itu. Tentu kata dia, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Cirebon dan sekitarnya.

Begitu juga, menurut dia, manfaatnya sangat luar biasa, bisa untuk meningkatkan mutu pelayanan demi mewujudkan visi Kabupaten Cirebon.

“Yakni menjadi kabupaten yang berbudaya, sejahtera, maju, agamis dan aman. Jadi semuanya bisa terwujud sehingga masyarakat juga akan sejahtera, tanpa ribet,” ujarnya.

Dengan aplikasi ini, kata Bambang, antrian pasien akan terkurangi secara signifikan, tidak ada penumpukan di ruang pendaftaran. Masyarakat bisa langsung ke tempat pendaftaran hanya dengan menunjukkan barcode saja.

“Selain itu, masyarakat langsung bisa menuju poli klinik yang dituju, karena sudah terintegrasi dengan sistem kami,” kata Bambang.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Cirebon, H Imron langsung melaunching aplikasi SIRUDAL ini. Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Mentor dan Ketua TAPD Kabupaten Cirebon, Hilmy Riva’i pun turut hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu Bupati Cirebon H.Imron.Rosyadi Mengapresiasi inovasi layanan di RSUD Arjawinangun, yaitu Aplikasi Sirudal (Sistem Rujukan dan Pendaftaran Rawat Jalan).

"Aplikasi ini diharapkan akan dapat membantu masyarakat dan pihak rumah sakit agar menjadi efektif, efisien serta sejalan dengan semangat Kabupaten Cirebon menuju Smart City.

Melalui aplikasi ini, masyarakat yang ingin berobat dapat melakukan pendaftaran dan konfirmasi dari rumah tanpa harus antri.

Semoga aplikasi ini terus dikembangkan, dilakukan penambahan fitur lainnya yang lebih memudahkan masyarakat". Ungkap Imron. (L6OC/Sendi)
Share:
Komentar

Berita Terkini