Hari Ini, Polres Pelabuhan Belawan Berlakukan 4 Perubahan Materi Ujian Praktik SIM 'C' Angka 8 Diubah jadi 'S'

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| BELAWAN- Polres Pelabuhan Belawan Lakukan 4 Perubahan Materi Ujian Praktik SIM C yang Berlaku mulai hari ini (7/08/2023), Angka 8 Diubah jadi S. Pasalnya,  Satlantas Polres Pelabuhan Belawan resmi menerapkan skema ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C terbaru.


Dalam skema baru ini, jalur angka 8 dan zig-zag dihapus dan diubah menjadi huruf S.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, melalui Kasat Lantas Polres Pelabuhan Belawan, AKP Pittor Gultom, menuturkan bahwa perubahan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan para pemohon supaya lulus ujian praktik SIM C.

“Iya (menjawab kemudahan masyarakat). Contoh, memutar balik, ada materinya di situ. Jadi kami lebih per singkat dalam satu gerakan atau sirkuit,” kata Pittor saat di jumpai di Polres Pelabuhan Belawan, Senin (7/8/2023).

Di samping mengganti jalur angka “8” dan zig-zag menjadi lintasan berbentuk “S”, ada beberapa perubahan dalam ujian praktik SIM C terbaru. Perubahan dari lintasan menjadi sirkuit materi tes zig-zag ujian SIM telah dihapuskan. Materi tes angka 8 ujian SIM diubah menjadi letter “S”.

5 materi ujian SIM C

Terkait perubahan dalam ujian praktik SIM C, akan ada lima materi yang diujikan kepada pemohon dalam satu lintasan berbentuk “S”.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat lantas saat mengecek lintasan ujian SIM yang baru di Lapangan Mapolres Pelabuhan Belawan. Ia menyebutkan, lintasan berbentuk huruf “S” merepresentasikan lintasan selayaknya di jalan raya.

Menurut Pittor, terdapat lima materi yang akan diujikan kepada pemohon dalam satu kali tes.

Selain itu, Pittor  menyampaikan, aturan soal kaki tidak boleh menginjak aspal tetap diberlakukan.

Perlu keterampilan supaya masyarakat dapat melewati lintasan tanpa menginjakkan kaki ke aspal. (L6OC/Kinoi)
Share:
Komentar

Berita Terkini