Dalam Rangka Mewujudkan Mutu Pendidikan SMA N 10 Borong Turut Selenggarakan ANBK

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| NTT- Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, SMAN 10 Borong melaksanakan program Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang berlangsung selama dua hari sejak 27-28 September 2021.


ANBK merupakan program yang di rancang untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum. Assessment di laksanakan menggunakan tiga instrument yaitu; AKM (Literasi & Numerasi), Survey karakter, dan Survey lingkungan belajar.

Assesment ini di ikuti oleh 37 peserta didik kelas XI MIA & IIS, yang dilangsungkan selama 3 sesi; sesi pertama berlangsung dari 07:30-09:30, sesi ke dua 10:30-12:30,dan sesi ke tiga 14:00-16:00. Dan untuk instrument survey lingkungan belajar di ikuti juga oleh kepala sekolah dan guru-guru yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Dalam pelaksanaannya  di hadirkan dua orang pengawas dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Kota Komba dan berlangsung dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala teknis yaitu Jaringan internet.

Salah satu peserta yang turut ambil bagian dalam ANBK tersebut Maria Gralin Nona melalui sambungan telfon kepada media ini mengatakan bahwa dirinya mengakui tentang nilai positif yang diperoleh oleh para siswa dan siswi setelah mengikuti kegiatan ANBK  serta rasa bangga karena turut ambil bagian dalam asesmen nasional walau sedikit ada kendala teknis.

“Asesmen ini membuat saya untuk terus meningkatkan kemampuan saya dalam literasi dan numerasi. Pengalaman ini mendorong saya untuk menjadikan budaya membaca sebagai kebiasaan yang harus menjadi kepribadian setiap siswa,” pungkas sang ketua OSIS SMA N 10 Borong itu.

Sementara  Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK seKab. Manggarai Timur Lukas Sumba saat melakukan pemantauan proses ANBK di SMA N 10 Borong mengatakan bahwa  assessment ini di rancang untuk perbaikan kualitas belajar-mengajar demi meningkatkan hasil belajar peserta didik. 
Lanjut Lukas bahwa diharapkan segenap tim pendidik di SMAN 10 untuk terus meningkatkan kompetensi diri serta terus berkreasi dan berinovatif demi tercapainya pendidikan yang bermutu.
(L6OC/Eposth Ngaja)
Share:
Komentar

Berita Terkini