Bupati Tapsel Resmi Buka MTQN ke 54 di Pondok Pesantren Modren Jabal Lubuk Raya Angkola Timur

Editor: Liputan 6 author photo

liputan6online.com I TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) resmi membuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQ-N) ke 54 dan Festival Nasyid tingkat Kecamatan Angkola Timur, yang diikuti 12 desa dan 2 kelurahan di Pondok Pesantren Modren Jabal Lubuk Raya Angkola Timur, Jumat (18/2/22).

Kegiatan yang digelar sejak Jumat 18-20 Februari 2022 itu, Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu, SPt, MM, yang diwakili Asisten I Pemerintahan, Hamdan Zein, sangat mengapresiasi kepada seluruh unsur pengurus yang terkait dalam penyelenggaraan MTQ.

Dikatakannya, kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dapat dimaknai sebagai penggalangan persatuan dan kesatuan dengan tujuan agar umat semakin kuat, kokoh, dan tangguh. Disamping itu umat juga semakin menjadi mengerti bagaimana membaca Alquran dengan tartil (benar).

Usai membawakan lagu Indonesia Raya dan mars MTQ serta doa, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari tokoh masyarakat Kecamatan Angkola Timur. Ketertarikan dengan kreasi dari para santri Ponpes Jabal Lubuk Raya dan pelantikan para dewan hakim perlombaan, sehingga kedepannya kegiatan MTQ, lebih dapat meningkatkan ilmu pengetahuan keagamaan bagi anak-anak.

Ketua panitia pelaksana MTQ ke 54 tingkat Kecamatan Angkola Timur Arlin Efendi Siregar, S. Sos mengatakan, adapun sumber dana dari kegiatan MTQ tersebut dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kecamatan Angkola Timur.

"Semoga ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi anak-anak kita yang ikut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini keseluruhannya diikuti oleh 388 orang. Diantaranya dari 13 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Angkola Timur. Lima group Nasyid yang di perlombakan dengan 55 orang, serta 333 orang peserta MTQ. Sementara cabang yang diperlombakan sebanyak enam cabang,"sebut Arlin.

Arlin Efendi Siregar, mengatakan jika cabang Tilawah Allah Qur’an terdiri dari golongan tartil Al Qur’an Pa/pi 26 orang, golongan mujawad anak-anak Pa/pi 26 orang, golongan mujawad remaja Pa/pi 25 orang dan golongan mujawad dewasa sebanyak 11 orang.

Sementara, Hifzil Al Qur’an yang terdiri dari golongan 1 juz tilawah Pa/pi 22 orang, golongan 5 juz tilawah Pa/pi 9 orang, golongan tilawah 10 juz Pa/pi 4 orang. Cabang Tahfidz hadist 100 dan 500 Pa/pi 9 orang. Cabang fahmil al Qur’an 51 orang, syarhil al Qur’an Pa/pi 81 orang, khottil al Qur’an, golongan naskah penulisan buku Pa/pi 21 orang, golongan hiasan mushaf Pa/pi 18 orang, golongan dekorasi Pa/pi 15 orang dan golongan kontemporer  sebanyak 11 orang.

Hal senada, Camat Angkola Timur Zulpan Hamidi, S. Stp, M.M menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan tersebut dari APBD, kecamatan dan tidak terlepas dukungan dari berbagai pihak. Juga kegiatan MTQ, sesuai dengan surat keputusan Camat Angkola Timur nomor : 451.14/16/2022 tanggal 11 Februari 2022, tentang pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ) ke 54 tingkat kecamatan Angkola Timur tahun 2022.

Adapun tujuan diselenggarakan MTQ tingkat kecamatan Angkola Timur, tak lain untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Qur’an, hingga menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman kehidupan yang harmonis, damai, ramah, toleransi antar agama dan etnis.

Selain itu juga untuk meningkatkan keimanan ketaqwaan kepada Allah SWT sehingga menjadi pilar yang kokoh untuk mewujudkan pembangunan bagi kecamatan Angkola Timur, serta sebagai ajang untuk mengukur dan mengukir prestasi dalam membaca Al-Quran serta menjadikan seleksi untuk mencari duta terbaik kecamatan Angkola Timur, untuk mengikuti MTQN, tingkat kabupaten Tapanuli Selatan, yang akan di gelar insya Allah pada bulan Maret 2022 mendatang.

Zulpan Hamidi, menghimbau dalam kegiatan tersebut untuk semua pihak tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang telah dibuat oleh pemerintah demi kesehatan bersama.

"Dengan mengusung tema, “Kita mantapkan pemahaman dalam rangka meningkatkan dan memantapkan tujuan kita untuk meningkatkan masyarakat yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera.”

Dimana makna dari tema tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai kandungan Al-Qur’an sehingga kita dapat kembangkan didalam kehidupan kita sehari-hari,"pungkasnya.

Dalam kegiatan itu juga hadir, Ketua Tim PKK Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu didampingi rombongan PKK kecamatan, Sekwan Tapsel Darwin Dalimunte, Kadis PPA Tapsel Damayanti, Kabag Kesra Cos Riady Siregar, Danramil 18/Pargarutan Letda Inf. Anton Sibarani.

Selain itu juga dihadiri oleh Ketua yayasan Pondok Pesantren Jabal Lubuk Raya, para ulama tokoh agama, Ketua panitia pelaksana MTQ ke 54 Kecamatan Angkola Timur, Forkopimcam, Ketua MUI Angkola Timur dan para Kepala Desa serta lurah dan undangan lainnya. (L6OC/Tantawi)

Share:
Komentar

Berita Terkini