Akses Jalan Tertutup Akibat Angin Kencang di Pepedan Tonjong Brebes Tumbangkan Pohon

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| BREBES- Bencana alam yang melanda di beberapa wilayah desa di Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu sore (16/3/2022).


Bukan hanya banjir yang memutus akses jalan  antar kecamatan (Tonjong-Sirampog) di Dukuh Kalong Desa Linggapura, di wilayah Desa Pepedan ajuga terjadi angin kencang yang menumbangkan pepohonan sehingga memutus akses jalan antar dusun dua desa tersebut yakni (Dukuh Bulak Tangkil Desa Purwodadi ke Desa Pepedan).

Peltu Edy Burhanudin, Plh, selaku Danramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes mengatakan, kurang lebih ada 100 meter jalan yang tertutup akibat pohon tumbang.

" Kurang lebih 100 meter ruas jalan yang terputus akibat pohon tumbang," kata peltu Edi Burhanudin 

Akibat Hujan deras yang disertai angin kencang, sambung Edi, terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Selain menutup jalan di wilayah Desa Pepedan, pohon tumbang (nangka-red) menimpa satu bangunan rumah milik warga, atas nama Heri (65 tahun), warga Dukuh Bulak Tangkil Desa Purwodadi,” sebutnya.

Lanjut dikatakannya, di Desa Pepedan sendiri di RT. 09 RW. 03, angin kencang juga yang merobohkan satu bangunan, kilang/penggergajian kayu milik Muksinin (52 tahun).

"Tidak ada korban jiwa, namun dari kedua bangunan di dua desa ini,mengalami kerugian  ditaksir mencapai kurang lebih Rp. 30 juta,” tandasnya.

Akibat peristiwa tersebut, pihaknya (kodim 0713) akan melakukan kegiatan kerja bakti untuk menyingkirkan batang pohon dan ranting-ranting pohon yang menutup akses jalan dengan mesin chainsaw, serta melakukan perbaikan rumah yang roboh.

Edy juga menghimbau kepada warga masyarakat agar mengurangi batang-batang dan ranting pohon yang berada di sekitar tempat tinggal, agar pohon tidak mudah tumbang sehingga membahayakan jiwa. (L6OC/Tashadi)
Share:
Komentar

Berita Terkini