Peduli Anak Usia Dini di Tango Molas, Mahasiswa Unika St Paulus Ruteng Gelar Aneka Kegiatan

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| NTT- Mahasiswa Universitas Katolik (Unika) menggelar aneka kegiatan berkaitan dengan sistem pendidikan anak usia Dini Desa Tango Molas Kecamatan Lamba Leda Timur, Manggarai Timur, NTT. Kegiatan tersebut diadakan lantaran belum memiliki satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Padahal, PAUD memiliki peran yang krusial dalam menentukan kualitas generasi penerus bangsa.

Atas dasar itupun Himpunan Mahasiswa Tango Molas, Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng peduli pendidikan dengan menggelar pembelajaran kepada anak usia dini. 

Selain itu, beberapa kegiatan lainnya; perlombaan, bakti sosial, sosialisasi dan kegiatan keseniaan. Kegiatan bertempat di Kampung Marang, Desa Tango Molas, pada 11-17 April 2022.

Viviana Murni Dosen Pembina Himpunan Mahasiswa Tango Molas Unika St Paulus Ruteng, menjelaskan Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam (6) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

"Gimana pun, usia dini adalah usia emas bagi seorang anak. Pada usia ini, anak mudah diberi stimulasi tentang apa saja," ujar Viviana.

Selain itu, kata Viviana kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa desa Tango Molas yang ada di Unika Santu Paulus Ruteng serta bentuk kerjasama dengan masyarakat dalam menanamkan integritas pada generasi muda kampung Marang Desa Tango Molas.

Sementara itu, Priska Pingki Purnawati mengucap terimakasih kepada  warga Desa Tango Molas yang telah mempersilahkan mahasiswa untuk datang belajar bersama adik-adik dan juga dengan masyarakat di kampung   Marang ini. 

"Kami datang bukan untuk menunjukan bahwa kami bisa dan kami hebat  tetapi  kami datang  karena ingin belajar bersama adik-adik dan juga belajar bersama masyarakat yang ada di Marang Desa Tango Molas ini," tutur Purnawati.

Purnawati juga berharap Himpunan Mahasiswa setelah selesai kuliah nanti dapat membangun Desa Tango Molas ini menuju lebih baik lagi. 

Leonardus Ranjang mewakili tokoh masyarakat kampung Marang Desa Tango Molas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa desa Tango Molas yang ada di Unika Santu Paulus Ruteng yang telah menyelenggarakan kegiatan yang edukatif terhadap masyarakat. 

"Kami sangat mengharapkan agar kalian tetap memberikan perhatian kepada generasi muda kampung Marang sampai kapan pun. Kegiatan ini merupakan Moment dimana kita saling refleksi tentang nilai-nilai kehidupan yang kita praktekkan selama ini,".

Leonardus berharap kerjasama ini berlanjut dan semakin kreatif dalam menentukan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang. (L6OC/Eposth Ngaja)
Share:
Komentar

Berita Terkini