Suhu Panas Capai 34 Derajat Celcius di Hari Pertama Bulan Suci Ramadhan

Editor: Jurnalis author photo

Ilustrasi 

liputan6online.com | MEDAN- Hari pertama di bulan ramadhan tahun 2023 suhu panas mencapai 34 derajat celcius.

Hal itu di katakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, bahwa suhu yang mencapai 34 derajat Celcius ini disebabkan oleh suhu muka laut yang tinggi dan anomali yang cukup hangat.

"Faktor global seperti suhu muka laut dan anomali cukup hangat dapat memicu munculnya awan-awan konvektif di wilayah Sumatra Utara (Sumut)," kata Kepala Bidang Data BMKG Kota Medan, Eridawati.

Dan, sambung Eridawati, dari analisis streamline terdapat belokan angin di wilayah Sumut khususnya di wilayah pantai barat, pegunungan, dan lereng barat Sumut. Begitu juga dengan kelembapan udara pada lapisan atas yang cukup tinggi, serta labilitas udara yang labil," ungkapnya, Kamis (23/3/2023).

Menurutnya (Eridawati), aktivitas tersebut dapat berpotensi menimbulkan awan hujan sehingga menyebabkan terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai petir atau angin kencang. Bahwa suhu di perkotaan dan pegunungan naik secara signifikan karena musim kemarau yang telah dimulai sejak Februari 2023.

"Suhu udara di perkotaan dapat mencapai 34C, dan di pegunungan dapat mencapai 28C. Sebagian wilayah Sumut sudah memasuki musim kemarau sejak Februari 2023," sebut Eridawati.

"Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat untuk dapat mengantisipasi kondisi cuaca tersebut serta tetap menjaga kesehatan," tandasnya. (L6OC/Kinoi)

Share:
Komentar

Berita Terkini