Sebanyak 74 Peserta Ikuti Pendidikan Kader Pratama Yang Dilaksanakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| ASAHAN- DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan menggelar pendidikan kader Pratama di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan, Jumat (26/11/2021).


Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Propinsi Sumatera Utara, DR Sutarto M.Si, 

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan, Rosmansyah menjelaskan kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari yang dimulai dari hari Jumat 26 sampai 28 November 2021 di kawasan Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan.

"Kegiatan tersebut diikuti oleh 74 peserta seperti dari Pengurus Anak Cabang, Pengurus Ranting dan Ketua Anak Ranting yang sudah terbentuk. Kegiatan tersebut resmi dibuka di kantor DPC PDI Kabupaten Asahan, kemudian kegiatan tersebut akan dilanjutkan kembali di kawasan Kecamatan Tinggi Raja," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, kegiatan pendidikan kader Pratama tersebut merupakan bagian dari program partai, melanjutkan lima mantap Partai, setelah mantap ideologi, mantap organisasi, dimana kita sudah membentuk jajaran pengurus sampai ke tingkat anak ranting, bahkan tingkat RW.

"Program pendidikan kader partai adalah sebagai upaya untuk melanjutkan program partai yang semuanya telah dipersiapkan bagaimana para kader PDI Perjuangan siap menghadapi Pemilu 2024. Kita memiliki target di Pemilu 2024 yang dimulai dari pemantapan ideologi, pemantapan organisasi dan hari ini pemantapan Kader,” jelasnya.

Rosmansyah mengungkapkan, Pendidikan Kader Pratama ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam sesuai dengan kurikulum dan modul yang diinstruksikan oleh DPP PDI Perjuangan.

“Melalui pendidikan kader pratama ini, diharapkan para kader tersebut paham tentang bagaimana struktur keorganisasian partai, termasuk bagaimana tanggung jawab terhadap masyarakat disekitarnya. Saat ini, pendidikan masih bersifat kelas yang nantinya akan dilanjutkan dengan tugas-tugas khusus selama enam bulan kedepan tentu dengan evaluasi-evaluasi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dilaksanakannya pelatihan karena memiliki tujuan seperti tujuan konsolidasi yaitu bagaimana kita harus kompak didalam mewujudkan tujuan. Kemudian, pelatihan ini juga sebagai upaya menyamakan langkah, mengkonsolidasikan dengan rakyat, berhadapan dengan rakyat. 

"Tujuannya agar kita dicintai, partai kita dicintai rakyat. Dalam hal ini, saya juga berharap agar seluruh kader kedepannya dapat menyamakan pikiran, strategi dan langkah ketika para kader tersebut berada di masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Propinsi Sumatera Utara, DR Soetarto M.Si dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh kader untuk terus berjuang didalam memenangkan PDI Perjuangan di Kabupaten Asahan.

“Saat ini bukan saatnya bicara teori-teori atau diskusi-diskusi dalam ruangan, bahkan deklarasi saja, yang paling penting adalah bagaimana PDI Perjuangan bisa menang di Kabupaten Asahan,” tegasnya.

Ia mengingatkan, sebagai partai pelopor, PDI Perjuangan harus bangkit pada Pilkada serentak pada tahun 2024 mendatang.

"Kader konsolidasi partai harus terus menerus dilakukan, target kemenangan harus dapat diraih , kemudian program-program partai, bagaimana kader harus mampu membantu masyarakat. Dan ketiga rekrutmen dan pendidikan kader. Semua dilaksanakan dengan harapan kita memiliki pasukan-pasukan yang terukur,” paparnya.

Soetarto memaparkan, dinamakan pendidikan tentu akan berakhir dengan sebuah ujian yang akan disinkronkan masing-masing tingkatan.

“Ujian disini adalah bagaimana mengaplikasikan apa yang sudah diberikan dalam pendidikan ke masyarakat. Hal yang paling penting selain teori saat ini adalah bagaimana praktek di lapangan / external," paparnya.

Diakhir sambutannya, dirinya berharap kepada DPC Perjuangan Kabupaten Asahan agar kedepannya lebih mengembangkan sayap partai.

"Seluruh gerak dan langkah harus dalam satu komando. Dalam hal ini, kita harus berani merekrut anak-anak muda maupun tokoh masyarakat agar masuk ke dalam partai," tambahnya.

Berdasarkan pantauan, kegiatan tersebut tampak dihadiri oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut beserta unsur pengurus, perwakilan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Labusel, Kabupaten Batu bara, dan Tanjungbalai, serta seluruh unsur pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan. (L6OC/DS)
Share:
Komentar

Berita Terkini