Angelo Wake Kako Ajak Masyarakat Matim Tingkatkan Produksi Tanaman Hortikultura

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| NTT- Angelo Wake Kako Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat Manggarai Timur untuk tingkatkan produksi tanaman hortikultura. Hal tersebut disampaikan saat lakukan panen perdana tanaman horti di Longko, Desa Bangka Kantar, kecamatan Borong, Manggarai Timur pada Jum'at 29 juli 2022.


Dalam kesempatan itu Angelo menjelaskan bahwa bahan pangan diwilayah Manggarai Timur saat ini masih impor dari daerah lain. Ini menunjukan bahwa masyarakat kita belum mampu untuk memproduksi pangan sendiri. Nasib petani yang cenderung terpinggirkan, dengan penghasilan yang tidak mencukupi harus diupayakan untuk semakin membaik.

“kita terus mendorong masyarakat kita untuk menghasilkan benih unggul dengan memperhatikan mulai dari proses, packaging, standar produksi, benih sudah terdaftar varietasnya untuk peredaran dan diperbanyak melalui sistem sertifikasi benih. Selain itu, mempunyai mutu genetik, mutu fisiologis, mutu fisik, serta status kesehatan yang sesuai dengan standar mutu atau persyaratan teknis minimal dan dapat dipertanggung jawabkan. Bukan hanya itu kita juga berupaya untuk bertani yang cerdas, memanfaatkan teknologi, menggandeng pihak swasta, serta senantiasa berinovasi membangun kemitraan menuju petani yang mandiri di Wilayah Manggarai Timur", jelasnya.

Angelo pun berharap kepada semua elemen masyarakat bahwa dengan hasil pertanian hortikultura yang telah berhasil panen dan mempunyai nilai jual tinggi dapat menaikkan pendapatan petani, sehingga dirinya berpesan agar lahan yang dimiliki jangan dijual tapi diusahakan dengan komoditas yang bernilai ekonomi sehingga kesejahteraan petani terangkat. Dengan pendampingan, pelatihan dan pasar yang telah tersedia dirinya yakin para petani Manggarai Timur akan menjadi lebih sejahtera. (L6OC/Eposth Ngaja)
Share:
Komentar

Berita Terkini