Strategi Man to Man Defense Dalam Permainan Sepak Bola

Editor: Jurnalis author photo

Bek AC Milan Theo Hernandez (kanan) Berduel Dengan Pemain Belakang Sampdroea Omar Colley Pada Laga Pekan ke-19 Liga Italia, AC Milan Vs Sampdroea di Stadion San Siro 3 April 2021

liputan6online.com| Permainan sepak bola memiliki beberapa pola pertahanan yang sering digunakan sebuah tim.

Salah satu pola pertahanan dalam permainan sepak bola adalah man to man defense.

Apa itu strategi man to man defense dalam permainan sepak bola?

Dikutip dari buku Meningkatkan Kebugaran Tubuh Melalui Permainan & Olahraga Sepak Bola karya M Muhyi Faruq, berikut penjelasan pola pertahanan man to man defense.

Sistem pertahanan man to man defense dalam permainan sepak bola berarti menjaga pemain satu lawan satu, yakni ke mana pun si pemain lawan bergerak selalu dijaga dengan ketat.

Biasanya pemain berposisi bek menjaga pemain depan atau penyerang lawan yang mempunyai daya serang gerak cepat dengan naluri mencetak gol sangat tinggi.

Dengan menggunakan pola pertahanan man to man defense diharapkan dapat meredam garangnya pemain lawan.

Strategi ini membutuhkan materi pemain yang memiliki kemampuan di atas rata-rata atau mempunyai fisik yang bagus.

Kelebihan man to man defense yakni pembagian tugas antar pemain menjadi jelas serta pemain bisa lebih berkonsentrasi dengan membaca dan melihat teknik serangan lawan.

Walau memiliki kelebihan, teknik ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan man to man defense adalah alur permainan sepak bola dikendalikan oleh tim lawan serta pertahanan akan rapuh jika pemain lawan unggul dalam man defense. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini