Permudah layanan publik, Polres Sergai Lounching Aplikasi Sergai Bertuah dan Bus Pelayanan Keliling

Editor: RI4DI author photo

liputan6online.com | Serdang Bedagai-Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang memimpin Launching Aplikasi Sergai Bertuah dan peresmian bus pelayanan keliling, di Lapangan Polres Serdang Bedagai, Rabu pagi (6/5/2021).

Dirinya (Kapolres) mengatakan, wujud dari pelayanan publik baik Secara Fisik dan Maya di era digital sekarang, Kepolisian Resor Serdang Bedagai melakukan inovasi dengan membangun kembali satu Aplikasi yang diberi nama “Sergai Bertuah” dengan konsep daerah namun layanan modern.

"Kedepan-nya, proses pengaduan, pengajuan Sim, SKCK akan dilakukan secara online," kata orang nomor satu di polres Sergai.

Kapolres juga menjelaskan, aplikasi Sergai Bertuah adalah aplikasi yang dirancang dalam mendekatkan masyarakat dengan pelayanan. Berbagai Fitur memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kepolisian Terpadu dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai. Dan, didalam aplikasi tersebut ada beberapa panduan yang dilihat, seperti Fitur Berita tentang Polres dan pemerintah kabupaten Sergai, eksphose berita (link) dari media. 

Pihaknya juga lebih menjelaskan, mengenai informasi atau pengaduan dalam aplikasi tersebut bisa dilihat (klik) seperti, Pencurian, Perampokan, Begal, Perjudian, Pembunuhan, Narkoba, Jambret, Kehilangan, Balap liar, Kecelakaan lalu lintas, Kemacetan lalu lintas, Kebakaran Hutan / Lahan dan Kasus Covid-19.

Tak hanya itu, terlihat juga Fitur layanan seperti, Call Center 110, Call Center Sat Lantas, Call Center Polsek, Delivery Sim & Delivery Samsat, Pengawalan Lalu Lintas, Pengawalan giat di objek Vital, Posko Covid Desa Tangguh. 

Dari penjelasan perwira berpangkat bunga melati dua itu, ada juga fitur alamat kantor Polisi seperti, Polres Serdang Bedagai, Polsek Teluk Mengkudu, Polsek Firdaus, Polsek Perbaungan, Polsek Pantai Cermin, Polsek Dolok Masihul, Polsek Tanjung Beringin, Polsek Kotarih, dan Pos Lantas Perbaungan, Pos Lantas Sijenggi, Pos Lantas Sei Bamban, Pos Lantas Kampung Pon, Pos Lantas Dolok Masihul serta Pos Tangguh Sat Lantas Polres Serdang Bedagai.

Sementara itu, ada juga Fitur Layanan SKCK (Daftar dan pembuatan secara online) dan fitur layanan daftar pengisian formulir pengajuan sim secara online. Fitur layanan Sp2hp (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) juga bisa di akses atau dilihat secara online.

Program aplikasi ini bertujuan untuk mempererat kemitraan Bidang Pelayanan Publik antara anggota Polri Resor Serdang Bedagai dan Pemerintah Kabupaten Sergai dengan warga masyarakat khususnya Kabupaten Sergai. Dan mengajak seluruh masyarakat bekerjasama dalam mencegah dan menangkal gangguan Kamtibmas di wilayah Serdang Bedagai secara menyeluruh hanya dengan sederhana dan mudah dengan genggaman Smart Phone.

Aplikasi Mobile ini adalah salah satu pendekatan yang cukup ampuh di era digital dikarenakan hampir 75 % aktifitas dari masyarakat Indonesia berhubungan dengan Mobile Phone. Saat Ini Sergai Bertuah akan dikembangkan pada Platform Android yang mayoritas masyarakat Sergai miliki. Dan Aplikasi dibuat untuk mewujudkan pengawasan publik ( Police Governance ) dalam merajut Bhineka menuju kesadaran kolektif kerukunan antar Suku, Agama, Ras Dan Golongan di Kabupaten Serdang Bedagai.

Pihaknya juga meresmikan bus Pelayanan Terpadu Mobil Keliling Bertuah yang merupakan bagian dari pelayanan publik dilakukan oleh Polres Serdang Bedagai bersama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dimana bus yang digunakan berkeliling merupakan bantuan dari pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan digunakan sebagai pelayanan terpadu.

“Mobil Pelayanan Keliling Terpadu Bertuah nantinya akan beroperasional berpindah – pindah secara terjadwal dimana dalam pengoperasiannya dilengkapi sarana pendukung seperti Wifi , Atribut Pelayanan dan diawaki oleh Personil Polri Serta pegawai pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Guna," jelas Kapolres.

AKBP Robin Simatupang menuturkan, mobil pelayanan tersebut juga nantinya guna penanganan Covid-19 dan melaksanakan operasi yustisi terpadu, pengaduan dan lapor langsung kejadian tindak pidana, kosultasi permasalahan yang ada di masyarakat, konseling dan pendaftaran pelayanan Skck, pelayanan pendaftaran Sim baru/ Perpanjang, masalah tindak pidana perempuan dan anak juga pelayanan dari dinas Kabupaten Sergai.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, Bupati Sergai, Darma Wijaya, Dandim 0204 / DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara, Kasat lantas, AKP Agung Basuni, Pejabat Pemerintahan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan Warga Serdang Bedagai. (Wulan)

Share:
Komentar

Berita Terkini