Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Paluta, Dirasakan Warga Tapsel, Sidimpuan dan Palas

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| SIDIMPUAN- Gempa bumi berkekuatan 5,3 magnitudo guncang Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) Sumatera Utara (Sumut),  Rabu (11/8/2021).


Sesuai data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman www.bmkg.go.id, gempa terjadi pada kedalaman 10 Km. Lokasi gempa berada pada 20 kilometer barat daya Kabupaten Paluta, sedangkan pusat gempat berada pada koordinat 0,43 LU – 99,48 BT.

Selain dirasakan warga Paluta, gempa bumi berkekuatan 5.3 M tersebut juga dirasakan warga yang tinggal di Kota P.Sidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Padanglawas (Palas).

Pantauan awak media, sejumlah warga yang berada di Panyanggar dan Sadabuan sekitarnya berhamburan keluar, warga terlihat panik kala gempa menguncang. 

Rudi Daulay warga Sadabuan kepada liputan6online.com mengatakan, gempa bumi tersebut sekitar hitungan detik, dan terasa menghentak kuat. "Terasa kali tadi gempanya. Syukurnya hanya hitungan detik," ujarnya singkat.

Selain itu guncangan gempa juga membuat bangunan di RS Metta Medika P.Sidimpuan, mengalami keretakan. Bangunan yang mengalami keretakan berada di dinding luar dan dinding bangunan di dalam IGD.

Selain di P.Sidimpuan guncangan gempa juga dirasakan warga di Kabupaten Palas dan Tapsel. Menurut Asrul warga Desa Sosa Kabupaten Palas melalui telepon seluler, mengatakan guncangan gempa membuat warga di sekitar tempat tinggalnya berhamburan keluar rumah. ”Sempat takut, makanya saya bersama keluarga keluar dari rumah,”sebutnya. (Hadiansyah)
Share:
Komentar

Berita Terkini