Festival Seni Yayasan Moralitas, Pria Asal Sidimpuan Tantawi Panggabean Sutradarai Film 'Secercah Moral Membawa Berkah'

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| MEDAN- Mempersiapkan Festival Seni Yayasan Moralitas.se-Asia tenggara, Yayasan Moralitas Indonesia (YMI) mempersiapkan sebuah film pendek berdurasi 25 menit berjudul "SECERCAH MORAL MEMBAWA BERKAH", yang skenario dan penyutradaraannya dipercayakan pada Tantawi Panggabean, seniman kawakan yang terkenal di Kota Padangsidimpuan.


Dalam bincang-bincang dengan awak media liputan6online.com di sela- sela pelaksanaan shooting, baru-baru ini, Tantawi yang kesehariannya akrab dipanggil Bang Gabe mengaku untuk Festival YMI ini, telah meramu sesi -sesi skenario dalam beberapa (take) saat shooting berlangsung.

"Shooting direncanakan selama 4 hari dari tanggal  6 -10 September 2021, dengan lokasi syut di Komplek Cemara Asri, untuk Out door dan Indoor di Gedung YMI. Saya berharap fillm pendek "Secercah Moral Membawa Berkah "dapat mencapai hasil yang baik pada festival YMI se-Asia Tenggara pada bulan November 2021 mendatang,"harapnya.

Dalam bincang-bincang yang diselingi humor dari Bang Gabe, beliau mengaku jiwa seni sudah seperti mendarah daging dalam kehidupannya. Walau tinggal di belahan selatan Sumatera Utara, dengan basic seorang seniman filn, sastra, musik dan teater  pernah mengantarkannya untuk membintangi berbagai sinetron produksi TVRI Jakarta yaitu PEREMPUAN DARI SIDIMPUAN dan AZAB DAN SENGSARA (Sutradara Edward Pesta Sirait di era tahun 90-an).

Selain itu, Bang Gabe juga pernah diminta menyutradarai film dokumenter sosialisasi kesehatan dengan judul "Sadar itu Sehat "produksi Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan. Kemudian bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tapsel dalam film "Jangan Coba-coba Dekati  Narkoba".

Dengan jiwa seni itu pula, Bang Gabe yang pernah berkiprah di Jakarta dan sempat mengenyam pendidikan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), menciptakan berbagai album lagu, dimana beberapa lagu dapat dilihat di Aplikasi You Tube dengan judul "Sidimpuan Najogi " BosassTapanuli Tantawi Panggabean. 

Pensiunan guru  di SMKN 2 Padangsidimpuan aktivitas Bang Gabe"  lebih banyak pada kegiatan seni seperti seni musik, seni sastra yang bergabung dengan penggiat-penggiat sastra/literasi puisi seluruh Nusantara..

Berkaitan dengan Festival YMI, Bang Gabe mengatakan Yayasan Moralitas Indonesia adalah sebuah perguruan pendidikan untuk budi pekerti, mengedepankan adab sopan santun, ramah dalam berbicara, mengubah tingkah laku manusia untuk dapat menghormati sesama manusia. Yayasan tersebar di berbagai negara se-Asia Tenggara, salah satunya di Kota Medan beralamat di Jalan Boulevard  Komplek Cemara Asri Medan Sumut. (L6OC/Hadiansyah)
Share:
Komentar

Berita Terkini