Bocah 9 Tahun Asal Manggarai Barat Raih Prestasi Programmer Tingkat Nasional

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| NTT- Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) Universitas Udayana menggelar perlombaan Information Technology Creative Competition (ITCC) yang diselenggerakan sejak 1 Agustus 2021 hingga 6 November 2021. Information Technology Creative Competition (ITCC) merupakan ajang kompetisi bidang Teknologi Informasi terbesar se-Bali Nusra. 


Nyssa Marialies Siagian, salah satu peserta asal Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur mendapatkan predikat Animasi Terbaik di Cabang perlombaan Pemrograman dengan program Stratch, coding buatan MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Kepada media ini, putri pasangan Matheus Siagian dan Saskia Tjokro menjelaskan bahwa perlombaan yang diikutinya harus berkompetisi dengan 250 peserta lain dari berbagai daerah seluruh Indonesia.

"Awalnya saya ragu dan kurang yakin mendapat predikit terbaik karena jangka waktu untuk mempersiapkan program dan coding-nya cukup singkat," papar putri kelas IV SLH Labuan Bajo, Rabu (24/11/2021).    

Nyssa menjelaskan, program animasi itu dibuat sendiri olehnya dan dibimbing bersama gurunya dari Timedoor Academy untuk mengcoding.

"Program dan narasi dalam animasi itu saya buat sendiri," katanya.

Atas prestasi itu, Nyssa mengaku senang dan puas.

"Saya senang sudah mendapat juara programming cilik kategori animasi terbaik," ujarnya. “Terimakasih juga pada Miss Ifah guru coding, dan teman-teman sekelas coding online saya.

Nyssa pun berpesan kepada teman-temanya agar tidak kaku terhadap perkembangan teknologi.

"Kita harus bisa berteman dengan zaman dan teknologi. Untuk membuat program dan game, kita takut. Teman-teman bisa join dan coba-coba dulu, jangan takut dengan teknologi," papar Nyssa.

Ditempat yang sama, Matheus Siagian, ayah Nyssa berharap agar pemerintah NTT bisa mendukung sektor teknology informatika, apalagi sekarang mentrinya dari Flores.

"Semoga kedepan koneksi internet semakin kencang di NTT, apalagi dengan banyaknya work from home pasti banyak yang mau berlibur dan bekerja lama di NTT kalau koneksi internetnya cepat," katanya.

Untuk diketahui perlombaan ITCC diselenggarakan secara nasional dan memiliki sasaran peserta lomba yaitu kategori SD, SMP, SMA/SMK, Universitas se-Indonesia. Tahun ini, ITCC menghadirkan 6 cabang lomba, diantaranya Ide Bisnis, Pemrograman, Mobile Apps, Web Design, Lomba Cerdas Cermat (LCC), dan Kids Games Programming. (L6OC/Eposth Ngaja)
Share:
Komentar

Berita Terkini