Masyarakat Karangreja Tanjung Brebes Bersama Pemdes Gelar Syukuran Sedekah Bumi

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| BREBES - Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara Adat yang sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.


Seiring dengan adat istiadat sebagai umat Islam yang selalu tak lupa dengan syukur nikmat, serta barokah yang di limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhamad SAW dengan umatnya melalui hasil dari bumi yang mana dalam kehidupan sehari hari selalu di berikan penghasilan dari apa yang kita tanam.

Sunardo, selaku Kepala Desa Karang Reja, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada warga masyarakat Desa Karang Reja yang sangat antusias membantu adanya Ruwat bumi atau yang biasa di katakan orang Jawa sedekah bumi.

"Yang mana kami bisa menikmati dari hasil palawija yang kami tanam di Bumi tercinta ini, serta puji syukur kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayahnya kepada kami selaku hambanya, sehingga terselenggaranya acara Sedekah Bumi ini Berjalan lancar tanpa ada halangan," ujar Sunardo.

Dalam acara, sambung Sunardo, hasil kesepakatan dengan Panitia dan Karangtaruna Beserta warga sehinga dapat menghadirkan hiburan sandiwara 'Bina Remaja Indah' dari Indramayu untuk memeriahkan acara ruwat bumi. Dan, warga Karangreja bukan hanya kompak, waga Karangreja juga tidak mau pecah belah," sebutnya.

Sementara itu, Kaban selaku ketua panitia penyelenggara juga menyebutkan, bahwa pelaksanaan Ruwat Bumi di laksanakan di setiap Satu tahun sekali dengan anggaran iuran dari masyarakat serta dari para donatur lainya 

"Seperti Muhaemin selaku Dewan ikut berpartisipasi di acara ini, sehingga terlaksananya acara Sedekah bumi, dengan simbol 'Desa Karang Reja Kompak, Desa Karang Reja Jaya," kata Kaban.


Kegiatan tersebut di hadiri Bhabinkamtibmas dari polsek Tanjung, serta muspika dari kecamatan Tanjung, BPD, Tokoh Agama, LPM serta Karang taruna yang senantiasa ikut berpatisipasi. (L6OC/Tashadi)
Share:
Komentar

Berita Terkini