Bupati Tapsel Harapkan Kepada Para Kades Berdayakan Potensi SDM Perangkat Desa

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| TAPSEL- Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt MM, meminta agar para kepala desa (Kades) di jajaran pemerintahannya, untuk dapat memberdayakan potensi sumber daya manusia (SDM) dari perangkat desa.


Sebab, kata Bupati, peranan perangkat desa sangat vital dalam menentukan kesuksesan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Saya sudah bertemu dengan seluruh perangkat desa yang ada di Tapanuli Selatan, untuk ke semua perangkat desa yang sudah dikukuhkan dan dilantik, pada kesempatan ini saya ucapkan selamat,” ucap Dolly pada saat membuka pembekalan perangkat desa se-Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Jumat (9/7/2021) di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Sipirok.

Perangkat desa adalah, sambung Dolly, orang yang dipilih melalui proses seleksi oleh tim, karena itu tunjukkan bahwa anda layak menduduki posisi tersebut, bantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya. Anda (para kepala desa), angkat potensi desa bersama-sama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan tokoh-tokoh yang ada di desa. Pimpinlah desa itu demi kemajuan desa yang anda pimpin," tegas Dolly pada saat memotivasi perangkat desa.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan para perangkat desa agar mampu menjalin sinergitas yang apik dengan kades maupun sesama perangkat desa. Semua itu, agar tercipta situasi kerja yang efektif dan bermanfaat bagi masyarakat. Meski demikian, Bupati yakin dan percaya, masyarakat Sipirok bisa hidup rukun dan saling mendukung, karena sudah memiliki pemikiran maju.

Bupati juga memberi tugas ke perangkat desa agar mendata warga yang memiliki anak stunting (atau pengkerdilan). Sebab, pemerintah perlu data tersebut. Menurut Bupati mengajak segenap pihak untuk membangun generasi sehat ke depan. Tentunya, hal itu harus dipersiapkan dengan matang dengan mengupayakan strategi dan kiat, agar anak berkembang dengan baik. Dan, juga memberi tugas ke perangkat desa karena maraknya penggunaan narkoba dewasa ini, sehingga menimbulkan efek kekerasan pada anak, tidak hanya oleh orang tua bahkan ditemukan kasus-kasus, kekerasan itu dilakukan sesama anak pada usia sekolah.

Disamping itu, Bupati menyampaikan sesuai amanat Undang-Undang, dirinya bersama segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sedang merumuskan dengan matang, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Yang menjadi fokus utama adalah, di sektor pertanian. Karena 60 hingga 70 persen, masyarakatnya (bertani) yang menjadi sumber pembangunan masyarakat di Tapsel. Pertanian menjadi sektor pimpinan beberapa sektor lain, misalnya dipoles sektor pariwisata. Begitu juga pertanian sektor pimpinan dipoles menjadi sektor industri,” tandasnya.

(Tantawi Panggabean)
Share:
Komentar

Berita Terkini