Reses ADPRD Matim, Dari Gerakan Kepedulian Hingga Mendorong Semangat Kaum Muda

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| NTT- Reses atau Menjaring Aspirasi sering dilakukan oleh semua anggota Dewan baik ditingkat Kabupaten, provinsi Hingga Pusat.

Kali ini Tarsan Talus yang merupakan Anggota DPRD Manggarai Timur Dapil Kota Komba Raya melaksanakan reses diwiliyah Kota Komba Utara. Sebelum melakukan reses, Anggota DPRD inipun memberikan bantuan sembako kepada 2 ODGJ diwilayah Kota Komba Utara.
Kedua ODGJ itu diantaranya Fransiskus dan Dionisius.
Falens Mewakili Keluarga dari kedua ODGJ itupun kepada media ini mengatakan bahwa kami dari pihak keluarga sangat berterima kasih atas kepedulian dari Bapak Dewan atas bantuan sembako yang diberikan kepada kedua ODGJ ini. Besar harapan kami bahwa semoga bapak Dewan selalu semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Setelah memberikan bantuan kepada kedua ODGJ dilanjutkan dengan Pelaksanaan Reses. Kegiatan Reses Anggota DPRD dari Fraksi Nasdem ini digelar di Aula Kantor Camat Kota Komba Utara pada sabtu 11/09/2021 dengan tema "Pemuda Kota Komba Utara Bergerak". Tujuan utama dari reses ini adalah bagaimana mendorong  serta menggerakkan semangat kaum muda diwilaya kecamatan tersebut.
Jefrianus Ndarung mewakili semua anak muda yang hadir saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa kami sangat apresiasi dan juga menyambut baik atas ide (gagasan-gagasan) yang begitu cemerlang dari bpk. Tarsan Talus. Hal ini menjadi wadah bagi kami kaum muda untuk lebih aktiv dalam berkreativitas kedepannya.

"Kedepanya kami sebagai kaum muda kecamatan kota Komba Utara harus mampu wujudkan usaha-usaha kami baik dibidang teknik, pertanian,pariwisata maupun bidang sosial dan budaya. Saat ini kita sudah mulai membentuk wadah untuk terapkan ide dan gagasan yang kita miliki",ucap Pemuda Asal Rana Mbata tersebut.

Harapannya kepada pemda Manggarai Timur, semestinya kedepan harus membuat sebuah program pemberdayaan bagi kaum muda. Hal ini untuk membantu kaum muda dalam hal integritas.

Camat Kota Komba Utara Nikolaus T. Saka yang membuka kegiatan reses inipun dalam sambutannya mengatakan bahwa bapak tarsan talus merupakan politisi muda.
Sebagai politisi muda diapun berupaya menggerakkan semangat kaum muda sehingga reses kali ini beliau mencanangkan kegiatan Reses bersama orang Muda Se-Kecamatan Kota Komba Utara.

Niatnya yang tulus dalam Memikirkan bagaimana menyiapkan generasi muda sejak dini. Karena kota Komba Utara ini bukan hanya milik kami yang saat ini berada disini.
Harapan besar kami bahwa Mudah-mudahan kedepannya tetap lebih itens lagi dalam mendorong kaum muda yang ada diwilayah kita saat ini.

Saat ini juga saya sebagai pemimpin wilayah kecamatan Kota Komba Utara mengucapkan Terimakasih sudah meluangkan waktu dalam memikirkan dan juga menggerakkan kaum muda Kota Komba Utara. Harapannya bagi kaum muda diwilayah Kota Komba Utara bahwa bekerja Saja dan Jangan Menuntut Fasilitas.

Sementara Tarsan Talus dalam kesempatan itupun mengatakan bahwa Dari semua reses sebelumnya saya datang dari kampung kekampung dan menjaring aspirasi masyarakat berkaitan Apa yang menjadi kepentingan mereka, namun reses kali ini saya berupaya untuk mengumpulkan semua orang muda diwilayah Kota Komba Utara untuk mendengar secara langsung apa yang menjadi aspirasi mereka sehingga kita sama-sama carikan solusi yang solutif.

"Jujur saja Dalam permenungan saya ada kerasahan yang terus tertanam dalam pikiran, tentang bagaimana mendorong semangat orang muda Manggarai Timur pada umumnya dan khususnya di Kota Komba Utara",ucap Sekertaris Nasdem tersebut.

Lanjut Tarsan bahwa tiga pertanyaan yang mendasar sehingga muncul ide seperti ini diantaranya: Apa dasarnya sehingga banyak kaum muda yang nganggur?, Apa yang Menjadi kendala sehingga terjadi seperti ini?, dan apa yang mesti kita upayakan kedepan?
Oleh karena itu saat ini saya berupaya untuk melakukan reses bersama orang muda di Kota Komba Utara untuk mendengar secara langsung terkait kendala-kendala yang dihadapi agar kita sama-sama carikan solusi.

"Jujur saja Masing-masing kita punya gagasan dan ide akan tetapi banyak mengalami kendala serta persoalan-persoalan.
Jika kita Tidak cari solusi yang solutif terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi kaum muda kita saat ini maka terjadi bom waktu," pungkasnya.

Saat ini juga kita berupaya untuk Memiliki data yang valid berkaitan dengan anak-anak mudah yang sudah sarjana diwilayah Kota Komba Utara. Dan untuk Rencana kedepan kita bersama orang muda Membentuk Karang Taruna tingkat kecamatan serta memiliki legalitas yang jelas.

Untuk diketahui yang turut hadir dalam Kegiatan Tersebut diantaranya Tokoh Masyarakat, kepala Desa Terpilih, dan tokoh Agama. Kegiatan ini juga tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. (L6OC/Eposth Ngaja)
Share:
Komentar

Berita Terkini