Dinas PPO Matim Selenggarakan Pelatihan Bagi Operator Paud Dalam Mengolah Data

Editor: Jurnalis author photo


liputan6online.com
| NTT- Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Manggarai Timur Dinas PPO Manggarai Timur melakukan Kegiatan Pelatihan Operator Paud dalam mengelolah data. Kegiatan Pelatihan Operator PAUD  berlangsung diaula hotel Embun Pagi Borong pada kamis 21 oktober 2021.

Pada kesempatan itu kepala dinas PPO kabupaten Manggarai Timur Basilius Teto, dalam sambutanya saat membuka kegiatan pelatihan Operator Paud menegaskan bahwa pendidikan untuk anak-anak PAUD adalah sesuatu yang penting. Karena itu, setiap tenaga pendidik harus dibekali dengan pengetahuan khusus tentang bagaimana mendidik anak-anak usia dini.

PAUD merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membina dan mendidik anak-anak sejak usia dini. Bahkan sejak anak tersebut masih dalam kandungan. Untuk itu pendidikan mestinya diberikan kepadanya melalui layanan bimbingan ‘parenting’.

“Tujuannya adalah karena pada masa-masa itu apa yang sebut sebagai golden age (usia emas). Di mana karakter mereka dapat dibentuk sehingga dapat bertumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas dan berkarakter,” kata Basilius.

Lebih dari pada itu, ada unsur yang paling penting dalam hal menyukseskan kegiatan dari PAUD itu sendiri yakni peran dari operator. Operator memiliki peran dalam mengolah data-data peserta didik, data PTK, data aset serta data lain terkait lembaga pendidikan masing-masing.

“Dalam rangka menuju Indonesia satu data dan Manggarai Timur satu data, maka operator perlu dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi (IT) dalam mengelola data pokok pendidikan melalui aplikasi Dapodik,” demikian kata Basilius.

Sementara bunda PAUD Kabupaten Manggarai Timur Theresia Wisang menjelaskan bahwa pekerjaan sebagai operator PAUD adalah suatu bentuk panggilan pengabdian dalam dunia pendidikan. Karena itu mereka di harapkan harus tekun dan ulet dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan penginputan data.

“Mereka punya pekerjaan ini sangat berat dan butuh ketekunan, kesabaran dan teliti. Sebab, segala sesuatu yang berkaitan dengan data, menjadi bagian dari mereka,” ungkap Theresia.

Maka dari itu, Bunda PAUD Kabupaten Manggarai Timur, mengharapkan bahwa kegiatan pelatihan operator PAUD dapat menambah secercah ilmu yang dapat membantu mereka dalam melaksanakan tugas sebagai operator.

“Dengan kegiatan seperti ini, mereka dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Maka untuk ini dibutuhkan kemauan dan pengetahuan yang bagus. Jadi perlu juga untuk saling memotivasi,” lanjutnya.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan operator PAUD tingkat Kabupaten Manggarai Timur baru dilaksanakan di tahun 2021 ini. Hal tersebut guna membantu setiap operator PAUD, supaya keterampilan dan pengetahuan selalu terasah. (L6OC/Eposth Ngaja)
Share:
Komentar

Berita Terkini